Kunci Sukses Perawatan Kecantikan

Memiliki kulit yang bersih, kenyal dan bersinar merupakan fokus perawatan tubuh yang sekarang ini dilakukan banyak orang. Bermacam-macam produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran dengan spesifikasi masing-masing, mulai dari whitening, anti ageing, firming, softening dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit?

Kulit merupakan organ terluar dari tubuh yang melindungi tubuh dari segala macam paparan luar. Secara garis besar kulit tersusun dari epidermis dan dermis. Epidermis atau kulit ari tersusun dari beberapa lapisan kulit. Lapisan yang paling atas disebut stratum korneum atau lapisan tanduk. Lapisan ini terdiri dari sel-sel kulit mati yang digantikan oleh sel baru yang dihasilkan dari lapisan Malphigi yang aktif beregenerasi. Sedangkan pada lapisan dermis terdapat rambut, kelenjar keringat, saraf dan pembuluh darah.

Kulit tersusun dari milyaran sel. Sel merupakan unit terkecil dari kehidupan yang sudah tidak dapat dibagi lagi. Secara sederhana, sel terdiri dari membran dan di dalamnya terdapat cairan. Prosentase jumlah cairan manusia hampir 75% dari total berat tubuh. Cairan terdistribusi sedemikian rupa dan menempati setiap rongga tubuh. Tidak seperti lemak yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama sebagai cadangan energi, tubuh tidak dapat menyimpan air dalam jangka waktu lama.

Pernahkah Anda memperhatikan sisa buah yang Anda makan? Dalam beberapa waktu, sisa buah yang Anda makan akan terlihat kisut. Hal ini disebabkan karena buah kehilangan banyak cairannya. Sama halnya dengan kulit Anda, ketika tubuh kekurangan cairan, kulit akan tampak kering dan kusam. Disadari atau tidak, cairan dalam tubuh kita hilang selama kita beraktifitas. Cairan hilang lewat napas, keringat, ketika kita buang air besar dan kecil. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga intake air putih yang adekuat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dalam hal ini untuk menjaga kelembaban kulit.

Ketika setiap sel kulit terpenuhi akan kebutuhan cairannya, secara otomatis kulit kita akan terlihat lembab dengan sendirinya. Ingat bahwa produk perawatan semahal apapun jika diaplikasikan pada kulit yang kering, tidak akan maksimal hasilnya.

So, mulailah dengan kebiasaan minum 2 liter per hari, dan bandingkan perbedaannya. Selamat mencoba. (dianK)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments