Prodi Kebidanan Gelar Workshop Bantuan Tatakelola Jurnal Ilmiah Elektronik Nasional Dari Kemenristek Dikti

Eko Didik Widianto, MT menyampaikan materi tentang pemanfaatan website jurnal didampingi moderator ketua LPPM Unimus
Eko Didik Widianto, MT menyampaikan materi tentang pemanfaatan website jurnal didampingi moderator ketua LPPM Unimus

Semarang │(17/05/2017) Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FIKKES) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan Workshop Jurnal Online di Aula Gedung NRC kampus terpadu Unimus. Acara yang berlangsung selama tiga hari 16-18 Mei 2017. Workshop ini dilaporkan oleh Ketua Program Studi D III Kebidanan (Dewi Puspitaningrum,S.SiT,M.Kes) dalam laporannya bahwa “ucapan syukur atas diterima Jurnal Kebidanan dalam Hibah BTBI dari Kemenristek Dikti dan harapan dari acara ini dapat menambah sharing terwujudnya jurnal yang berkualitas dan mampu menuju Jurnal Terakreditasi”. Workhshop dibuka oleh Wakil Rektor I Unimus (Dr. Sri Darmawati., M.Si). Dalam sambutannya Wakil Rektor I menyampaikan bahwa Workhsop ini didanai Hibah Pengelolaan E-Journal Nasional yang diterima oleh Jurnal Kebidanan Unimus. “Kegiatan ini harapannya dapat tidak hanya bersifat seremonial dan dapat memberikan manfaat meningkatkan kualitas jurnal elektronik nasional” Ungkap Wakil Rektor I. Sementara itu Ketua Panitia Fitriani Nur Damayanti, S.ST, M.H.Kes mengungkapkan bahwa Workshop dilaksanakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan website berbasis OJS, meningkatkan kualitas jurnal dan kualitas penulisan naskah serta agar peserta dapat menerapkan teknik penyuntingan yang standar dan berbasis teknologi.
Peserta dalam kegiatan ini sejumlah 40 orang terdiri dari perwakilan dari masing-masing tim jurnal internal unimus dari 14 program studi dan peserta eksternal dari institusi kesehatan di luar Unimus yang yang upload artikel di jurnal bidan di Unimus. Kegiatan dibagi menjadi tiga session. Kegiatan hari pertama tentang Pemanfaatan Website Jurnal melalui kegiatan Pelatihan Online Submission dan review menghadirkan pembicara Eko Didik Widianto, ST, MT dengan moderator ketua LPPM Unimus (Dr. Dini Cahyandari, ST, MT). Kegiatan hari ke dua Workshop Penulisan Naskah Jurnalmenghadirkan pembicara Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T dengan moderator Fitriani Nur Damayanti, S.ST, M.H.Kes. Sedangkan kegiatan hari ketiga adalah Lokakarya Dewan Editor yang diikuti oleh dewan editor Jurnal Kebidanan Unimus.
Melalui workhsop ini diharapkan dapat dihasilkan berbagai luaran. “Luaran dari kegiatan workshop antara lain: dapat dihasilkan tulisan terindeks Google scholar, portal garuda, ISJD, DOAJ, Moraref; meningkatnya nilai evaluasi diri penulis dan meningkatnya jumlah pengunjung di web jurnal” ungkap Ketua Panitia. Kegiatan ini diharapkan juga dapat memfasilitasi pencapaian jurnal terakreditasi di lingkungan Unimus.
Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *