Prodi Kebidanan Selenggarakan Pelatihan Preceptor-Mentor Pembimbing Klinik

Foto bersama peserta

Foto bersama peserta

Semarang │(13/05/2017) Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FIKKES) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan Pelatihan Preceptorship dan Mentorship pada  Jum’at dan Sabtu, 12-13 Mei 2017 bertempat di Ruang pertemuan Unimus dan Aula Gedung NRC kampus terpadu Unimus. Ketua panitia (Novita Nining Anggraini, SST., M.Kes) menyampaikan bahwa pelatihan preceptor dan mentor diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas para pembimbing klinik dalam melaksanakan pembimbingan sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas bimbingan klinik pada mahasiswa agar bisa teracapai kompetensi yang ditetapkan dengan memberikan pengalaman nyata di klinik. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II Unimus Dr. Sri Rejeki., M.Kep., Sp.Mat mewakili Rektor Unimus. Wakil Rektor II menyampaikan bahwa Prodi Kebidanan ikut berkontribusi terhadap kesehatan reproduksi dan penurunan angka kematian ibu. “Pelatihan preceptor dan mentor sangat penting karena terkait bagaimana membimbing calon bidan, mendidik agar mahasiwa calon bidan berkualitas dengan tetap melibatkan aspek psikologis mahasiswa dan memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman profesional tanpa ada rasa takut” papar Wakil Rektor II. Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor II juga menyampaikan rencana Unimus untuk membuka program profesi kebidanan dan menyampaikan agar pembimbing klinik dan Ikatan Bidan Indonesia ikut berpartisipasi dalam merumuskan kurikulum profesi kebidanan.

Foto bersama peserta

Foto bersama peserta

Pelatihan diikuti oleh 30 orang terdiri dari dosen Kebidanan Unimus dan pembimbing klinik Kebidanan  di berbagai rumah sakit pendidikan dan rumah sakit seperti: RSUD Kota Semarang, RS Roemani, Puskesmas di wilayah kota Semarang dan Balai Pengobatan Masyarakat di wilayah kota Semarang.Pembicara dalam pelatihan adalah Sri rahayu, S.SiT., M.H.Kes (Poltekkes Semarang), Nawangsih Zulaijha P, S.SiT, MH.Kes (dari Ikatan Bidan Indonesia) serta pembicara dari RSUP Dr. Kariadi Semarang yaitu dr. Agus Saptanto., Sp.OG dan dr. Putri Sekar Wiyati., Sp.OG (K).  Kegiatan pelatihan berupa ceramah dan praktek simulasi dengan materi: Konsep pembelajaran klinik, metode pembelajaran klinik Preceptor dan Mentor, metode simulasi bimbingan klinik sertaaplikasi role play bimbingan klinik (Coaching, reflective learning, case study dan case presentation). Kegiatan juga diisi dengan refreshing materi dari pembicara pakar dari RSDK berupa Evidence based terkini penanganan bayi baru lahir, manajemen kegawatan maternal dan neonatal serta prinsip pencegahan infeksi.

Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar, semua peserta dapat mengikuti dengan baik. Selanjutnya mereka diharapkan lebih siap dan profesional dalam membimbing mahasiswa untuk praktik klinik di rumah sakit. Lewat pelatihan, diharapkan bisa memfasilitasi pembimbing klinik untuk mendapatkan sertifikasi pembimbing klinik dan memiliki kompetensi handal untuk mendidik mahasiswa kebidanan menjadi bidan yang profesional dan berkualitas. Kegiatan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan tentang manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik yang tepat untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan di klinik.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments