KUNJUNGAN KE MUSEUM RONGGOWARSITO

Kunjungan Museum Tk I Bidan

Mahasiswa DIII KEBIDANAN Semester II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Semarang, 17 April 2017 Mahasiswa DIII KEBIDANAN Semester II  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, melakukan kunjungan ke Museum RONGGOWARSITO SEMARANG untuk memenuhi tugas Kewarganegaraan tentang kebudayaan yang ada di Indonesia dan bimbingan Dosen DR. H. Widhi Handoko, SH. Sp.N. Selain itu Mata Kuliah Kewarganegaraan adalah mata kuliah yang wajib ada di setiap kurikulum pembelajaran perkuliahan dan salah satu bentuk aplikasi praktek Kewarganegaraan adalah adanya kunjungan museum ini.

Museum Ronggawarsita mempunyai koleksi yang berjumlah 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita merupakan sebuaha set pelayanan publik di bidang pelestarian budaya, wahana pendidikan dan rekreasi.Pendirian museum pertama kali dirintis oleh proyeksi rehabilitasi dan permuseuman Jawa Tengah pada tahun 1975 dan secara resmi dibuka oleh Prof Dr.Fuad Hasan pada tangga l Juli 1989.

Di museum tersebut mahasiswa di damping oleh tour guide. Tour guide tersebut menjelaskan tentang beragam peninggalan yang ada di museum tersebut. Di museum Ronggowarsito sendiri terdiri dari 4 gedung yaitu gedung A lantai 1 merupakan ruang sejarah alam dengan koleksi kosmologis, geologi dan geografika serta ekologi.

Tujuan Mahasiswa Kebidanan mempelajari Kebudayaan yang ada di Indoneesia karena untuk menanamkan jiwa Nasionalisme kita dan menanamkan jiwa selalu bangga menjadi bagian dari  bangsa Indonesia. Dimana Bidan juga memerlukan jiwa seperti ini sehingga Seorang Bidan akan siap ditempatkan Di seluruh Indonesia walaupun berbeda budaya. Jaya Indonesia Jaya Bidan.

 

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments